#PTI Internet Service Provider (ISP)

Apa Itu Internet Service Provider atau ISP?  Ini adalah perusahaan yang menyediakan layanan koneksi internet kepada masyarakat yang membutuhkan. Penyediaan layanan koneksi internet ini dilakukan dengan membayar sejumlah uang sesuai paket yang dipilih oleh masyarakat kepada penyedia layanan internet tadi. Disinilah hubungan saling membutuhkan terjadi.

Satu ISP mungkin memberikan layanan dial-up, kabel, DSL, atau jenis akses Internet yang lain. Beberapa ISP bersifat lokal sementara yang lain bersifat nasional. Sebuah ISP nasional akan menyediakan akses di sebagian besar bangsa, sementara ISP lokal hanya akan melayani pelanggan di wilayah geografis yang terbatas. Sebagai contoh di Indonesia kita mengenal layanan Indosat, PT Telkom dan Telkomsel.

Ketika mencari sebuah Itu Internet Service Provider pertimbangan awal adalah jenis akses yang diinginkan. Beberapa Itu Internet Service Provider hanya menawarkan akses dial-up yang merupakan jenis koneksi paling lambat. Untuk layanan DSL, Anda mungkin memiliki beberapa pilihan  atau bisa juga bahwa DSL belum tersedia di wilayah Anda. Seringkali ini dapat diperbaiki dengan menelpon ke perusahaan telepon untuk meng-upgrade saluran telepon lokal.

Setiap ISP memiliki kebijakan privasi dan Ketentuan Layanan (TOS) kontrak yang harus disetujui pelanggan sebelum berlangganan. Kebijakan privasi juga harus menyatakan dalam kondisi apa informasi pribadi Anda mungkin dibagi dengan pihak ketiga, pejabat pemerintah, atau orang lain. Kontrak KL menetapkan bagaimana Anda dapat menggunakan layanan ini.

Sebagai contoh, akses dial-up sering dijual sebagai “akses tak terbatas” tapi ini bukan untuk dipahami secara harfiah. Dial-up account biasanya membatasi jam per bulan untuk 250-400, tergantung pada ISP. Sesungguhnya akses tak terbatas (jika komputer Anda secara aktif terhubung ke Internet 24/7) disebut akses khusus. Kebanyakan DSL atau langganan kabel memungkinkan akses berdedikasi.

Banyak ISP tidak mengizinkan situs komersial di server mereka. Hal ini biasanya berarti bahwa tidak ada yang bisa dijual dari ruang web pribadi Anda, termasuk misalnya, program perangkat lunak yang Anda tulis, musik asli, atau item lainnya. Website ISP biasanya untuk penggunaan pribadi saja, ke blog, posting gambar, dan sebagainya.

ISP berbagai layanan dalam harga sesuai dengan paket yang ditawarkan, dan jenis layanan. Dial-up biasanya paling mahal, dan fasilitas akan sangat bervariasi antara ISP. Beberapa akun menawarkan beberapa email, sejumlah besar ruang web orang lain, dan yang lain diskon untuk membayar di muka. Jika Anda mendapatkan sebuah ISP selain kabel, Anda akan memiliki pilihan. Ada banyak situs yang menawarkan review dari pelanggan sekarang dari berbagai ISP

Hanya ada 9 ISP yang tergolong Tier 1 di dunia ini, yaitu : · AT&T (AS7018) · Global Crossing (GX) (AS3549) · Level 3 (AS3356) · Verizon Business (formerly UUNET ) (AS701) · NTT Communications / (formerly Verio ) (AS2914) · Qwest (AS209) · SAVVIS (AS3561) · Sprint Nextel Corporation (AS1239) List Tier 2 ISP yang paling berpengaruh di dunia : · PCCW Global (formerly Beyond the Network Access (BTN)) AS3491 (Buys transit from Savvis AS3561) · Cogent Communications AS174 (buys transit from Verio, AS2914) · France Télécom AS5511 (buys transit from Sprint, AS1239) · Tiscali International AS3257 (buys transit from Sprint, AS1239) · Telecom Italia Sparkle (Seabone) AS6762 (buys transit from Verizon Business, AS701 and Sprint, AS1239) · XO Communications AS2828 (buys transit from Sprint, AS1239) ·nLayer AS4436 (buys from GBLX /AS3549 and SAVVIS /AS3561) Tipe Layanan pada ISP1.

 

Sumber:

http://www.qbonk.net/apa-itu-internet-service-provider-atau-isp.html

http://narut007piece.wordpress.com/artikel-isp/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s