Biografi che guevara

Ernesto Che Guevara Lahir pada tanggal 14 Juni 1928 di Rosario, Argentina, Dia adalah seorang revolusioner Amerika Latin dan penasihat terpercaya utama Kuba ,Fidel Castro

Ernesto Guevara de la Serna

Keturunan Spanyol dan Irlandia, ia menderita asma, menghabiskan masa kecilnya di sebuah kota pegunungan dekat Rosario. Pada usia dini ia membaca buku-buku sejarah dan sosiologi dan terutama dipengaruhi oleh tulisan-tulisan para penyair Komunis Chili Pablo Neruda. Pada umur 19 tahun, Guevara masuk ke sekolah kedokteran dari University of Buenos Aires.

Pada tahun 1952 “Che” Guevara (“Che” adalah bahasa Argentina yang berarti “Sobat”) terputus studinya untuk berangkat dengan teman di perjalanan lintas benua yang termasuk sepeda motor ke Chili, naik rakit di Amazon, dan mengambil pesawat ke Florida. Ia kembali ke Argentina untuk melanjutkan studinya, lulus dengan gelar dokter medis dan bedah pada tahun 1953.

Akhir tahun 1953 Guevara meninggalkan Argentina, kali ini untuk selamanya. Dia pindah ke Guatemala, di mana ia memiliki pengalaman pertama dari sebuah negara yang sedang dilanda perang. Ia mendukung rezim Jacobo Arbenz, dan ketika itu digulingkan tahun 1954 Guevara mencari suaka di kedutaan Argentina, yang tersisa di sana sampai ia bisa bepergian ke Meksiko.

Di sinilah Guevara bertemu dengan saudara-saudara Castro. Pada saat itu Fidel Castro merencanakan ekspedisi melawan diktator Kuba Fulgencio Batista, dan Guevara setuju untuk pergi bersama sebagai dokter. Pada 2 Desember 1956, ia mendarat di Kuba timur, menjadi inti kekuatan gerilya yang beroperasi di Pegunungan Sierra Maestra.

Pada bulan Januari 1959 Guevara adalah salah satu komandan pemberontak pertama yang memasuki Havana dan mengambil kendali ibukota. Ia memegang beberapa jabatan dalam pemerintahan Castro: komandan benteng La Cabana, Presiden Bank Nasional, dan menteri industri. Tapi selalu, yang paling penting dari semua itu, yaitu dia adalah salah satu penasihat Castro paling berpengaruh. Guevara mengunjungi negara-negara komunis pada musim gugur tahun 1960 untuk membangun hubungan perdagangan dengan blok Soviet dan mengkritik kebijakan Amerika Serikat terhadap Kuba. Guevara juga mendalangi program subversif Kuba di Amerika Latin dan banyak menulis tentang hal ini. Dalam buku pertamanya, Guerrilla Warfare (1960), ia memberikan petunjuk dasar tentang jenis konflik. Buku dia yang lain yaitu Reminiscences of the Cuban Revolutionary War (1968).

Ia terus melakukan perjalanan. Pada bulan Desember 1964 ia berbicara pada Majelis Umum PBB dan kemudian berpetualang dalam perjalanan panjang ke Eropa, Afrika, dan Asia. Di Afrika, Gerakan gerilya nya gagal. Ia kembali ke Kuba, mempersiapkan tim perwira tentara Kuba yang akan menemani dia ke daerah pertempuran berikutnya, Bolivia.

Namun, Guevara pada 8 Oktober 1967 ditangkap pasukan AS. Hari berikutnya Guevara dieksekusi. Ia dikenang sebagai seorang revolusioner, dan sampai saat ini pun masih banyak yang mengidolakan dia sebagai pejuang revolusi karena keberaniannya.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2111201-biografi-che-guevara-1928-1967/#ixzz2HHHFNNkQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s